Tiga Wasiat Orang-orang Sholeh
August 26, 2015
Inilah Halaqah Tarbiyah Pertama di Zaman Rasulullah
September 3, 2015

Sang Pengembara Dunia

oleh Ustad Rappung Samuddin, Lc

Terkait akhlak dan sikap tawadhu ulama yang jauh dari keinginan dipuji dan disanjung, Yusuf bin Ahmad al-Syairazi mengisahkan tentang gurunya Abu Waqt, punggawa Ahli Hadits yang telah melakukan pengembaraan panjang untuk menuntut hadits-hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam, hingga digelari Ruhlah ad-Dunya , “Sang Pengembara Dunia”, beliau berkata:

قدَّر الله لي الوصول إليه في أخر بلاد كرمان فسلّمت عليه وقبَّلته وجلست بين يديه، فقال لي: ما أقدمك هذه البلاد؟ قلت: كان قصدي إليك ومعوَّلي بعد الله عليك، وقد كتبتُ ما وقع إليّ من حديثك بقلمي، وسعيتُ إليك بقدمي، لأدرك بركة أنفاسك وأحظى بعلو إسنادك.
فقال: وفَّقك الله وإيانا لمرضاته وجعل سعينا له وقصدنا إليه، لو كنت عرفتني حقَّ معرفتي لما سلَّمتَ عليَّ ولا جلست بين يدي، ثم بكى بكاء طويلاً وأبكى من حضره ثم قال: اللهم استرنا بِسترِك الجميل واجعل تحت السَّتر ما ترضى به عنا.

“…Akhirnya Allah menakdirkan aku bertemu beliau di negeri Kirman. Saat berjumpa kuucapkan salam dan mencium (kepala)nya. Lalu aku duduk bersimpuh di hadapan beliau.

Tak lama kemudian beliau bertanya padaku: “Apa yang mendorongmu datang ke negeri ini?” Aku menjawab: “Engkaulah yang menjadi maksudku. Tuanlah sandaranku setelah Allah Ta’ala. Aku telah menulis hadits-hadits yang tuan riwayatkan dengan penaku, namun aku tetap berusaha menemui tuan dengan kedua kakiku agar aku dapat mengambil keberkahan nafas-nafas tuan dan mendapat sanad (hadits) tuan yang lebih tinggi”.

Beliau menimpali: “Semoga Allah memberi taufiq dan keridhaan kepadaku dan kepadamu. Semoga ia menjadikan segala upaya kita adalah karenaNya. Semoga Ia menjadikan tujuan kita hanya kepadaNya. “Duhai, andai engkau mengetahui siapa aku dengan sebenar-benarnya, niscaya engkau tidak mau mengucapkan salam padaku… Niscaya engkau tidak akan sudi duduk di hadapanku…”.

Ia kemudian terisak dan menangis. Lama sekali. Hingga membuat semua yang hadir pun turut menangis. Ia pun melanjutkan ucapannya: “Ya Allah, tutupilah aib-aib kami dengan perlindunganMu yang Maha Indah, dan jadikan apa yang ada di bawah perlindunganMu itu sesuatu yang Engkau ridhai untuk kami…”. (Siyar A’lam an-Nubala, XX/307, al-Maktabah al-Syamilah).

Yah, itulah perkataan Sang Pengembara Dunia. Padahal beliau memang pantas mendapat sanjungan itu. Lantas apa yang layak kita katakan bagi diri kita?Olehnya, katakanlah kepada siapa saja yang memuji kita, “seandainya engkau mengetahui siapa aku….”, lalu menangislah!.