Tanggungjawab Orang Tua dan Pendidik
November 30, 2015
Bersabar Mencari Hidayah, Bersyukur Menjaga Iman
December 4, 2015

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Berbakti kepada orang tua adalah salah satu kunci kesuksesan seorang anak, baik di dunia mapun di akhirat. Ketika hari ini kita merasa banyak gangguan, rintangan, masalah yang datang silih berganti, maka bisa jadi hal tersebut dikarenakan hubungan dan akhlak kita kepada orang tua yang kurang baik.

Berbakti Pada Orang Tua

Karena itu, untuk menjaga hubungan dengan orang tua kita, agar bisa berbakti kepada mereka, agar segala urusan kita dilancarkan oleh Allah, agar bahagia di dunia dan akhirat, maka lakukanlah beberapa wasiat berikut:

  1. Berbicaralah kepada kedua orang tuamu dengan penuh adab dan sopan santun. Jangan berkata ‘ah’ kepada keduanya. Jangan membentak keduanya, dan ucapkanlah perkataan yang lemah lembut.
  2. Taatilah selalu kedua orang tuamu dalam perkara yang tidak mengandung maksiat, karena tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam rangka bermaksiat kepada Allah.
  3. Berlaku sopanlah kepada keduanya dan jangan bermuka masam (cemberut) kepada keduanya. Janganlah memandang keduanya dengan kemarahan.
  4. Jagalah nama baik kedua orang tuamu, kehormatan, dan hartanya. Janganlah engkau mengambil sedikit pun harta keduanya tanpa izin.
  5. Lakukanlah pekerjaan yang dapat memudahkan urusan keduanya, walaupun kalian tidak disuruh oleh mereka, seperti membeli kebutuhan pokok dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.
  6. Bermusyawaralah dengan keduanya dalam seluruh kegiatanmu, dan kemukakanlah alasan dan memohon maaflah apabila kalian terpaksa menyelisihi (berbeda pendapat dengannya).
  7. Penuhilah segera panggilan keduanya dengan wajah berseri-seri dengan berkata, “Baik, wahai ibuku, bapakku.” Jangan kalian katakan. “Ya, papi, mami.” Karena itu adalah ucapan orang-orang asing.
  8. Muliakanlah sahabat keduanya dan kerabat-kerabat keduanya pada saat keduanya masih hidup dan sesudah keduanya meninggal dunia.
  9. Janganlah mendebat dan menyalahkan keduanya (jika keduanya berbuat salah) dan ubahlah dengan penuh adab untuk menjelaskan yang benar kepada keduanya.
  10. Janganlah durhaka kepada keduanya, jangan kalian angkat (keraskan) suara kalian terhadap keduanya, dan diamlah ketika keduanya sedang berbicara, dan berlaku sopanlah kepada keduanya. Janganlah mengganggu salah seorang saudaramu, sebagai sikap penghormatan kepada kedua orang tuamu.
  11. Bangkitlah menuju kedua orang tuamu, jika keduanya masuk menemuimu dan ciumlah keduanya.
  12. Bantulah ibumu di rumah dan jangan pula terlambat membantu ayahmu dalam pekerjaannya.
  13. Janganlah engkau safar (bepergian jauh) tanpa izin keduanya walaupun untuk urusan yang sangat penting. Apabila kalian terpaksa, maka minta maaflah kepada keduanya dan janganlah kalian memutuskan komunikasi dengan keduanya.
  14. Jangan masuk menemui keduanya tanpa izin, terlebih pada saat mereka tidur dan istirahat.
  15. Apabila kalian terfitnah dengan rokok, maka jangan merokok di hadapan keduanya.
  16. Janganlah kalian makan sebelum keduanya makan dan muliakanlah keduanya dalam hal makan dan minum.
  17. Janganlah berbohong kepada keduanya dan jangan mencela keduanya jika mereka melakukan perbuatan yang tidak menyenangkan hatimu.

Bersambung.

_Ukhty HD_ (Diselesaikan di ruang kerja tercinta, Jogja 03/12/2015)

Sumber:

  • Kiat Mencetak Anak Shalih karya Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu