bulan Ramadhan Setan pun dibelenggu
April 20, 2017
Niat dalam berpuasa
April 22, 2017

penyesalan datang di akhir

ترحل الشهر والهفاه وانصرما
واختص بالفوز في الجنات من خدما

17 HR. An-Nasaa-i : 2334. Diriwayatkan dari hadits Hafshah radhiallahu ‘anha. Dinilai shahih oleh al-Albani dalam Shahih an-Nasaa-i.

من فاته ع الزر في وقت البذار فما
تراه يحصد إلا الهم والندما

Bulan tersebut telah pergi dan berakhir dengan cepat, dialah bulan Ramadhan Mereka yang beruntung masuk ke dalam surga adalah mereka yang benar-benar tenggelam dalam ketaatan Dan anda akan melihat, mereka yang lalai menyemai benihbenih ketaatan, hanya akan memanen kesedihan dan penyesalan Agar kita tidak meratapi hilangnya kesempatan beribadah di akhir bulan Ramadhan, persiapkanlah diri karena dia akan segera datang. Setiap orang yang membayangkan bagaimana kondisi akhir yang dia alami di akhir bulan Ramadhan, niscaya akan mempersiapkan diri dengan baik di awal bulan. Dengan begitu, mengetahui kerugian yang akan diperoleh bagi mereka yang lalai di bulan Ramadhan akan membantu hamba agar menghindarinya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, َ

مِغَ ر فْنَأ ج ل َ َ ر ِ لَخَد هْيَلَع ان َضَمَ َّ ر َ ث م خَ َ ل َسْان ْ لْبَق ن
َ
َ أ رَفْ ي غ ه
َ
ل

“Sangat terhina orang yang menjumpai bulan Ramadhan dan bulan tersebut berlalu sementara dirinya tidak memperoleh ampunan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI CAPTCHA *