AKTIVIS DAKWAH KAMPUS
April 3, 2017
Mengenal Sirah Nabi
April 3, 2017

Api Tarbiyah

Yang kita inginkan, adalah kampus yang wanitanya berhijab dari kepala hingga ke kakinya. Warna pakaiannya tidak mencolok, serta menundukkan pandangan. Para mahasiswanya mengenakan pakaian muslim, tanda keshalihan. Songkok putih di kepalanya, celana cingkrang, serta mushaf di tangan kanannya, di dalam kelas.
Tetapi ingat!, semua itu bukan perjuangan simbolik, akan tetapi tanda terbangunnya jiwa sebagai seorang muslim yang berserah diri pada Tuhannya.
Semarakkan syiar di kampus. Penuhi kelas dan koridor dengan kajian. Penuhi kelas dengan lantunan bacaan al-Quran. Agar kampus penuh dengan nuansa iman, kelembutan hati dan ketinggian akhlak dan adab. Suatu saat, orang-orang akan menyadari. Bahwa dari Kampus Umum-lah, Fajar Kebangkitan Islam akan terbit!
Buku ini layaknya api, “membakar” semangat, sekaligus menawarkan optimisme, mengirimkan pesan yang sangat kuat bahwa pribadi yang ditempa “panasnya” api tarbiyah, sejatinya adalah pribadi yang punya nafas yang panjang meniti jalan terjal perjuangan, mengasah kekuatan batin dengan hubungan yang senantiasa “harmonis”, dengan Allah –Sumber segala kekuatan-, menyalakan cahaya ilmu dengan terus membaca, menelaah, sekaligus tak berhenti mempelajari kehidupan, hingga waktu yang ditentukan Allah itu tiba: lahirnya anak-anak kebanggan Islam, tampilnya kader ulama dan pejuang dari rahim tarbiyah itu, mencerahkan umat, menjadi sumber referensi dan jawaban atas segala kebuntuan dan problematika yang melilit umat. (Ali el-Makassary – Penulis Buku Yang Muda Yang Takut Dosa)

Syamsuar Hamka, lahir di Tamanroya, Desa Tuju, Kec. Bangkala Barat, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan pada tanggal 15 Februari 1990. Selama menjalani aktivitas kemahasiswaan, penulis aktif dalam berbagai kegiatan akademik dan keorganisasian seperti, Asisten Laboratorium Komputer FMIPA UNM, dan Koordinator Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia Pusat Jaringan Wilayah Sulawesi Maluku dan Papua (LIDMI Pusjarwil SUMALPA). Kini ia tengah mengikuti Program Kaderisasi Seribu Ulama (KSU) DDII-BAZNAS pada FPs UIKA Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *