15 Adab Berkaitan Dengan Hari Jum`at Dan Shalat Jum`at
July 29, 2019
Balasan Bagi Pelaku Riba Dalam Al-Qur’an
August 28, 2019

Qurban Cinta di Ganjuran 1440 H

Logo Qubah

Logo Qubah

Qurban Cinta di Ganjuran 1440 H

Pesantren Masyarakat Belajar Islam Ganjuran

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah atas semua nikmat yang termuat dalam syariat islam. Salah satunya adalah nikmat ibadah qurban. Ibadah yang diambil dari ajaran nabi kekasih Allah, Nabi Ibrahim alaihissalam.

Sejatinya qurba adalah ibadah yang banyak memilki nilai spiritual. Baik nilai spiritual yang menguatkan hubungan diri kita dengan Allah, menguatkan hubungan kita dengan masyarakat, bahkan menguatkan hubungan kita dengan diri kita sendiri. Secara singkat ada beberapa hikmah dalam ibadah qurban kita.

  1. Melatih rasa pengorbanan untuk kepentingan umum
  2. Melatih kepedulian sesama masyarakat
  3. Membunuh sifat – sifat kehewanan yang ada pada diri
  4. Meneladani amalan – amalan nabi
  5. Menguatkan syiar islam
  6. Menguatakan ukhuwah islamiyyah
  7. Berbagi nikmat kepada sesama

Alhamdulillah, pada kesempatan ini, Pesantren Masyarakat (PESMAS) Belajar Islam Ganjuran telah menerima qurban dari jamaah untuk didistribusikan di masjid – masjid sekitar ganjuran. Kami menerima tiga ekor kambing. Satu ekor dari orangtua santriwati (Mia Qodriyah/Bogor), satu ekor dari orangtua santriwati (Fatih Afif Musyaffa/Tangerang), dan satu ekor dari keluarga bapak Bagas Hernawan (Sleman, DIY).

Ketiga ekor kambing sertakan penyelenggaraan penyembelihan di dua masjid terdekat dengan PESMAS Belajar Islam Ganjuran. Dua ekor di Masjid Al Qomar Dukuh Kaligondang, Sumbermulyo, Bambanglipura. Satu ekor di Masjid Ad Dzakirin Dukuh Gedogan, Sumberlmulyo, Bambanglipura.

Penyembelihan Hewan Qurba

Penyembelihan Hewan Qurba

Kami haturkan ucapan terimkasih beriring doa “Semoga qurba kita diterima oleh Allah” kepada jamaah yang telah menitipkan qurban di Pesmas Belajar Islam Ganjuran. Qurban – qurban jamaah menguatkan kebahagiaan kami dengan qur’an dan sunnah di Ganjuran.

Harapan kami program ini akan terus berjalan di kemudian hari dengan jangkauan masjid yang lebih luas di daerah ganjuran. Semoga dengan ikhtiar ini kita turut menguatkan dakwah di Ganjuran, membentengi aqidah umat dan menjaga akhlak islami masyarakat. Aamiin.

Program – Program Lain;

Program Tahfidz Putri 1 Tahun

Program Pesantren Putri

Program Al Qur’an untuk Semua (Tahfidz, Tahsin)

Program Bahasa Arab untuk Semua

Program Wakaf Tanah di Ganjuran

Program Wakaf Sawah di Ganjuran

Pesantren Masyarakat Belajar Islam Ganjuran

Bahagia dengan Qur’an dan Sunnah

Gedogan Rt 05, Sumbermulyo, Bambanglipura, Bantul

Belajarislam.com

Tulus Prasetyo