Santunan Majelis Anak Yatim Belajar Islam
September 11, 2019
Program Beasiswa Pengahafal Quran Putri 2020
January 15, 2020

Wali Setan Dalam Pengobatan Spiritual

wali setan

Wali Setan Dalam Pengobatan Spiritual

Tak pantas bagi muslim untuk menyematkan gelar kewalian kepada seseorang. Lebih lagi gelar kewalian setan, yakni lawanya wali Allah. Hal ini dikawatirkan jika penyematan tersebut menjadi sebuah fitnah atau tuduhan yang bisa berbalik kepada penyematnya.

Lagi – lagi kewalian adalah wilayah batiniyyah yang pastinya tidak semua orang Allah izinkan untuk mengetahuinya. Seandainya jika kita terpaksa harus memberikan penilainya. Dikarenakan keperluan syar’i dan keumatan, dengan amat terpaksa kita akan menilai apa yang dilakukan oleh seseorang (amalanya) bukan siapa seseorang tersebut. Dari apa yang dilukan tersebut kita bisa memberikan penilianya pada amalan tersebut, apakah amalan tersebut amalan wali Allah atau wali setan.

Amalan para wali Allah dalam pengobatan adalah amalan doa. Amalan iman yang meminta kepada Allah dengan kerendahan hati dan ketawadukan. Tidak berperantara dengan siapapun, hanya iman dan doa kepada Allah. Para wali tidak akan melampaui batas dengan melakukan hal – hal yang dibatasi oleh keghaiban. Bukan karena tidak iman dengan ghaib, melainkan pemahaman shahih yang membuat wali Allah sadar diri untuk tidak menerobos hal yang Allah ghaibkan.

Barangkali wali Allah di zaman sekarang akan nampak seperti orang biasa. Tak punya kekuatan sulap, tidak berdaya sihir, dan tak mampu berbicara dengan arwah leluhur. Jika kita minta ia mendatangkan malaikat, pasti dia tidak sanggup, jika mendatangkan nabi?, pasti juga tidak sanggup, jika rasul? lebih – lebih pasti geleng kepala tanda pasrah tak mampu.

Karamahnya wali Allah memang tak se-WAH karamahnya wali setan. Wali Allah tak bisa mengharuskan Allah memberikanya karamah setiap waktu, atau dengan periode berulang. Semua kehendak Allah dan Allah yang akan putuskan. Sedang karamah setan, kapanpu wali setan membutuhkan, asal kerja sama tetap terjalin, karamah setan akan terus berulang.

Karena wali setan adalah lawan wali Allah, kita bisa dengan mudah menilai amalan wali setan dengan memahami amalan wali Allah. Dengan mengetahui amalan wali setan kita akan tahu siap wali setan dan siapa wali Allah. Terlebih jika dihubungkan dengan pengobtan spiritual, wali Allah dan wali setan sangat berbeda amalanya.

Kampung Quran Ganjuran Bantul. Tulus Prasetyo.