Alasan Mengapa Doa Tidak Terkabul
April 12, 2021
Doa Yang Wajib Dibaca Bagi Orang Tua, Dokter, Terapis, Guru Hingga Konselor
October 31, 2022

Dua Hal Penyebab Kita Susah Keluar Dari Masalah

Jiwa itu punya 2 kekuatan utama, quwwatul ‘ilmi dan Quwwatul Iradah.

Kekuatan ilmu dan kekuatan kehendak (kemauan)

Dengan ilmu orang mengerti jalan yang benar. Tahu apa yang seharusnya dilakukan, tahu apa yang baik dan tidak baik bagi hidupnya.
Dengan kehendak, keinginan, kemauan, ia bisa melangkah menuju lebih baik dan mengikuti kebenaran.

Orang yang punya kehendak namun tidak berilmu, maka ia akan tersesat. Ia akan banyak menimbulkan masalah dalam tindakan dan sikapnya. Ia menyangka telah berbuat baik tetapi ternyata malah merusak, namun tidak menyadari

Orang yang punya ilmu namun tidak ada kehendak untuk mengikuti kebenaran maka ia dimurkai. Karena ia tahu mana yang benar dan salah, namun tidak ada kemauan untuk bersikap dengan benar dan mengikuti kebenaran.

Demikianlah kurang lebih Ibnul Qayyim mengawali penjelasannya di buku beliau, Ighatsatul Lahfan.
Nasihat ini seperti teori tazkiyah saja. Namun jika direnungkan lebih jauh, kalimat beliau ini sangat relevan dengan berbagai masalah diri atau bahkan untuk menjawab masalah rumah tangga.

Penyebab seseorang tidak bisa keluar dari masalah bermuara pada 2 hal ini.
a. Tidak mengerti mesti berbuat apa, tidak mengerti apa sebenarnya yang terjadi, tidak mengerti bahwa dirinya adalah sumber masalah, tidak mengerti petunjuk agama dalam masalah hidupnya dll.
b. Tidak ada kemauan kuat untuk menyelesaikan dan memperbaiki. Ada orang yang sadar bahwa masalahnya berat, dan mengerti harus berbuat apa namun tak kuasa untuk segera melangkah.

Maka jika kita terhalang untuk memahami dan terhalang punya kemauan kuat untuk melangkah, maka sesungguhnya kita sedang terpenjara dalam keburukan.
Dengan merenungkan penjelasan lanjutan dari Ibnul Qayyim, maka sebenarnya, terhalangnya kita dari Ilmu dan Kemauan kuat, disebabkan karena jiwa kita sedang sakit.
Kondisi sakit dalam jiwa kita yang membuat kekuatan Ilmu dan kemauan tadi tidak berfungsi. Dan pada akhirnya, hal itu mempengaruhi semua masalah kita hari ini.

Semoga Alloh berikan taufiq NYA untuk kita semua. Aamiin
Wallohua’lam

Ust. M. Nadhif Khalyani

PENDAFTARANhttps://pptqazzakiyyah.com/