Hadits-Hadits Dhoif Yang Populer Di Bulan Ramadhan
January 16, 2011
Perhatian Luar Biasa Terhadap Hadits Nabi
January 16, 2011

As-Sunnah

As-sunnah secara bahasa adalah metode atau jalan, baik terpuji atau tercela. Jamaknya adalah sunan. Sedangkan definisi As-Sunnah menurut para fuqaha adalah suatu perintah yang berasal dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam namun tidak bersifat wajib. Dan sunnah disini merupakan salah satu dari hukum taklifi yang lima: wajib, sunnah, haram, makruh, dan mubah.

Namun terkadang mereka menggunakan istilah As-sunnah untuk kebalikan dari bid’ah. Kata As-sunnah juga merupakan sesuatu yang dapat ditunjukkan oleh dalil syar’I, meskipun hal itu termasuk perbuatan sahabat dan ijtihad mereka, seperti pengumpulan mushaf, mengarahkan manusia pada bacaan dengan satu qira’at dari qira’at yang tujuh, dll.

As-sunnah menurut ulama ushul fikih adalah apa yang bersumber dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam selain Al-Qur’an, baik berupa perkataan, perbuatan, sifat, atau sejarah kehidupan beliau shallallahu ‘alaihi wasallam.

Perbedaan ulama dalam mendefinisikan istilah As-sunnah ini bersumber dari perbedaan disiplin ilmu masing-masing ulama.

Kedudukan As-Sunnah Sebagai Hujjah (argumen) dalam Syari’at Islam

Kaum muslimin sepakat bahwa segala ucapan, perbuatan, atau penetapan hukum yang bersumber dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tentang masalah syari’at selama sanadnya shahih merupakan hujjah bagi kaum muslimin, dan sebagai sumber syari’at dimana para mujtahid dapat menggali hukum syari’at yang berkaitan dengan perbuatan hamba. Allah Ta’ala berfirman, “Dan apa yang telah rasul berikan kepada kalian, maka ambillah. Dan apa yang telah rasul larang bagi kalian, maka tinggalkanlah.” (QS. Al-Hasyr: 7)

“Wahai orang-orang yang beriman, taatlah kalian kepada Allah dan taatlah kalian kepada Rasul.” (QS. An-Nur: 59)

Oleh karena itu, dalil-dalil Al-Qur’an tersebut merupakan bukti pasti bahwa Allah Ta’ala telah mewajibkan kaum muslimin untuk menaati rasul-Nya.

Baca Juga  Kabar Mardud


Sumber:

Syaikh Manna Al-Qaththan, Pengantar Studi Ilmu Hadits: Pustaka Al-Kautsar