Wakaf Tunai Pembangunan Islamic Center Wahdah Islamiyah Yogyakarta
October 11, 2014
Kisah Inspiratif: Kegigihan dan Keteguhan Pahlawan Dalam Perjuangan
October 17, 2014

Kiat Menggapai Kesuksesan

Ketahuilah -semoga Allah merahmatimu- Bahwasanya kesuksesan itu dibangun diatas 1 pondasi yg memiliki 4 pilar dan 1 dinding.

PONDASI KESUKSESAN

Pondasi kesukesan itu ialah: “Al Hadfu ” (الهدف) artinya: sasaran, target dan tujuan (baik jangka panjang maupun pendek).
Seseorang yang ingin meraih kesuksesan hendaknya menetapkan target yang jelas dan terukur serta menentukan sarana dan langkah-langkah strategis guna mencapai target tersebut.
Jika seseorang tidak menentukan target apa-apa dalam kehidupannya maka ia hanya seperti orang yang berjalan ditempat, secepat apapun langkahnya ia tidak akan pernah berpindah dari tempatnya apalagi melesat maju kedepan.
So, jangan menjadi orang yang hanya jalan ditempat saja, segera tentukan target kesuksesanmu saat ini juga. (Contoh: tahun ini aku harus bisa menguasai Bahasa Arab agar mudah memahami Al Qur’an dengan baik).

PILAR KESUKSESAN

Setelah seseorang membangun pondasi kesuksesan maka langkah berikutnya adalah mendirikan PILAR-PILAR nya.
Diatas pondasi AL HADFU (الهدف) itu mesti didirikan 4 pilar utama penopang kesuksesan yaitu:

1. RAGBAH / رغبة : Kemauan.
2. FURSOH / فرصة: Peluang dan kesempatan (waktu) .
3. QUDRAH / قدرة : Kemampuan /potensi (waktu, akal, finansial) .
4. HIMMAH / همة : Tekad yang kuat.

Secara sederhana, KEBERUNTUNGAN itu terjadi ketika FURSOH (peluang) berpadu dengan QUDRAH (kemampuan/potensi) pada diri seseorang dan pada saat yang sama ia memiliki RAGBAH (keinginan) untuk mewujudkannya serta HIMMAH (tekad kuat) yang akan memotifasi dirinya untuk terus menerus menapaki langkah-langkah strategis pencapaian keberuntungan itu tanpa jemu.

DINDING KESUKSESAN

Sebuah bangunan indah yang berdiri tegak diatas pondasi kuat dan pilar-pilar penyangga yang kokoh jika tidak memiliki dinding pelindung tentu saja tidak membuat penghuninya merasa benar-benar aman dan nyaman. Demikian pula halnya pada PONDASI dan PILAR kesuksesan.
Lalu apakah dinding kesuksesan itu?
Dinding dari bangunan kesuksesan itu diambil dari setiap huruf pertama pilar-pilar diatas. (ر-ف-ق-ه) yang jika dipadukan akan menjadi satu suku kata رفقه (baca: RIFQaH) yang bermakna: “SAHABAT “.

Baca Juga  MENUMBUHKAN RASA TAKUT DAN PENGHARAPAN KEPADA ALLAH

Artinya Jika sesorang ingin merasakan keamanan dan kenyamana dalam menggapai dan mempertahankan kesuksesan itu, maka hendaklah ia hanya memilih sahabat-sahabat sholeh dan baik saja yg akan menunjang pencapaian target kesuksesan itu dimasa datang serta mempertahankannya, dan jangan sama sekali ia bergaul dgn teman-teman buruk yangg akan menghalanginya mencapai target kesuksesan tersebut dan meruntuhkannya.

Salam sukses…

(intisari ceramah Syekh Sultan bin Muhammad Al Duways yg kami terjemahkan di Masjid Wihdatul Ummah malam ahad beberapa bulan lalu)

Fadlan Akbar, Lc