Apakah boleh berumrah di malam kedua puluh tujuh Ramadhan?
March 20, 2017
Shalat malam di 10 malam terakhir Ramadhan
March 22, 2017

Tanda-tanda malam al-Qadr

Di malam al-Qadr terdapat cahaya terang bersinar, kondisinya sejuk, tidak panas, tidak pula dingin. Saat itu, langit bersih, tidak dipenuhi bintang, tidak pula tampak meteor. Di pagi harinya, matahari terbit dengan sinar yang tidak menyengat. Allah menyembunyikan malam tersebut sehingga kita tidak mengetahuinya agar kita mampu bersungguh-sungguh dalam mencari keberkahannya.

Setiap muslim hendaknya menjauhi tindakan ceroboh seperti mengirimkan informasi tanpa dalil yang menyatakan bahwa pada malam kesekian akan terjadi malam al-Qadr. Hal tersebut justru akan melemahkan semangat untuk beribadah hingga bulan Ramadhan berakhir. Padahal yang dituntut adalah adanya kesinambungan dalam beribadah dan berdo’a di malam-malam terakhir Ramadhan, karena di dalamnya ada malam al-Qadr, malam di mana rezeki dan ajal dibagikan.

Penentuan malam al-Qadr al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan,

َ فَلَتْ اخ يِ اء َمَع ل ْال ِ ف ِ ةَلْيَل ر اا ْدَقْال ف
َ
ل اا ِتْ اخ َ ير ِثَك لَّصَحَتَ اَ و ن
َ
ْ ل ْ نِم مِ هِ يِ بِ اه َذَم َ ف كِ لَذ ر
َ
ْ ثْكَأ نِم
َ ين ِعَبْ ر
َ
أ ا اَ لاْوَق َ مَك عَقَ اَ و ن
َ
ل َ ير ِظَن كِ يِ لَذ ِ ف ِ ةَ اع َس ةَعْج م ْ ِ ال دَقَ اَ و يِ تَكَرَت ْ اش ِ ف اء َفْخِ ِّ إ اَ ك ل م هْنِم
َ عَقَيِ ل د ج
ْ
يِ ال اَ ف مِ هِ بَلَط

“Ulama memunculkan beragam pendapat yang demikian banyak dalam menentukan kapan terjadinya malam al-Qadr. Hasilnya, di hadapan kita terdapat lebih dari 40 pendapat dari mereka terkait hal tersebut. Hal yang sama juga terjadi dalam penentuan waktu mustajab ketika berdo’a di hari Jum’at. Kedua hal ini memiliki kesamaan, di mana waktu terjadi keduanya tidak dinyatakan dengan jelas agar kita bersemangat dalam mencari keduanya. ”

Ibnu Utsamin rahimahullah mengatakan,

فإن القول الراجح عند أهل العلم :أن ليلة القدر تنتقل ة تار تكون في ليلة إحدى وعشرين، ة وتار تكون في ليلة ثلث وعشرين وفي ليلة خمس وعشرين، وفي ليلة سبع وعشرين، وفي ليلة تسع وعشرين، وفي الْشفاع قد تكون

“Pendapat terkuat menurut para ulama adalah malam al-Qadr itu dapat berpindah. Bisa jadi malam al-Qadr terjadi pada malam kedua puluh satu, malam kedua puluh tiga, malam kedua puluh lima, malam kedua puluh tujuh, atau malam kedua puluh sembilan, dan bisa jadi terjadi pada malam-malam genap.”

Malam yang paling diharapkan terjadi malam al-Qadr

Malam kedua puluh tujuh merupakan malam yang paling diharapkan terjadi malam al-Qadr. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa mengumpulkan keluarga, istri beliau, dan para sahabat pada malam tersebut untuk melaksanakan shalat yang diimami beliau hingga tiba waktu sahur

An-Nu’man bin Basyir radhiallahu ‘anhu berkata,

َ اَنْق م ِ عَم س ول َ َِّ ر ىَّ اللّ لَص ِ الله َ هْيَلَع مَّل َسَ يِ و ِ ف َ رْهَش ان َضَمَ َ ر ةَلْيَل ث
َ
َ لَث ين ِر ْشِعَ و ى
َ
لِ ِ إ ث ل ث
ِ ، ِ لْيَّ الل لَّ و َ ْ َّ الْ اَ ث م َ نْق م م َ هَع ةَلْيَل َ سْمَخ ين ِر ْشِعَ و ى
َ
لِ ِ إ ، ِ فْصِن َّ لْيَّ الل اَ ث م نْق م َ هَعَم ةَلْيَل عْبَس
َ ين ِر ْشِعَ ىَّ و اَّ تَح ْ نَنَظ ن
َ
أ
َ
َ لا َ كِرْ ن د ح
َ
لَفْال

“Kami shalat tarawih di bulan Ramadhan bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada malam kedua puluh tiga hingga sepertiga malam pertama, kemudian kami shalat lagi pada malam kedua puluh lima, hingga pertengahan malam, kemudian beliau mengimami kami pada malam kedua puluh tujuh hingga akhir malam, sampai kami khawatir tidak bisa mengejar sahur.”