8 Amalan yang dapat dilakukan saat wanita sedang haid
May 7, 2020
Dimana Zakat Fitrah Harus Ditunaikan, Jika Kita tinggal di Luar Negeri?
May 10, 2020

Apa Hukum Membaca Alquran di HP / Media Aplikasi Smartphone Saat Haid?

Bismillaah, Assalamu’alaykum
Saya Clarissa
Ingin bertanya amalan apa saja yang dapat dilakukan saat wanita sedang haid?
Termasuk apakah boleh membaca Al Qur’an dengan media di aplikasi hp?

Jawaban:

Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh..

Untuk jawaban pertama terkait amalan apa saja yang dapat dilakukan saat wanita sedang haid? bisa ditemukan dalam artikel ini:
8 Amalan yang dapat dilakukan saat wanita sedang haid

Bolehkah Wanita Haid Baca Alquran Tanpa Menyentuh Mushaf / membaca lewat media HP?

Difatwakan oleh banyak ulama kontemporer sekarang adalah bolehnya bagi wanita yang sedang haid membaca alquran.
Karena tidak ada larangan untuk wanita haid membaca alquran. Kemudian haid bukan seperti junub, karena waktu haid itu panjang, dan junub bisa saja diangkat dalam waktu singkat.
Sehingga boleh bagi wanita membaca alquran tanpa menyentuh mushaf, dan Alhamdulillah sekarang bisa digantikan dengan aplikasi hp, dan hp bukanlah mushaf.

Firman Alloh;

“Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan” (QS Al Waqi’ah 79)

Maka dalil tersebut sejatinya diperuntukkan bagi orang-orang yang junub, sementara haid serta nifas tidak bisa di-Qiyas-kan dengan junub.

Terlebih lagi bahasan kita adalah membaca Quran, maka menurut pendapat yang tepat adalah bolehnya wanita haid atau nifas untuk membaca al-Quran, dengan syarat mereka tidak menyentuhnya secara langsung, sebab tidak satu pun dalil yang menunjukkan larangan bagi mereka dalam hal ini.

Nah dengan demikian hukum membaca Quran lewat HP bagi yang haid boleh dan tidak ada masalah. Mengapa? Karena HP yang di dalamnya terdapat Quran, baik tulisan maupun rekaman, tidak sama dengan hukum mushaf. Maka dibolehkan menyentuhnya tanpa bersuci. Dibolehkan masuk kamar mandi dengan membawa HP, selama aplikasi Quran tersebut tidak terbuka.
Sebab memang tulisan Quran di HP tidak seperti tulisan dalam mushaf. Ia seperti gelombang yang ditampakkan kemudian akan hilang, bukan huruf yang tetap. Karenanya hukum pada mushaf berbeda dengan aplikasi Quran pada HP.

Baca Juga  Adab Makan dan Minum