Bagaimana Cara Ketika Kita Ingin Menghapus Dosa-dosa? Inilah 9 Caranya
September 6, 2020
Daftar Belajar Islam Intensif
September 11, 2020

Bagaimana Hukum Menggunakan Nada Dering Al Quran?

Bagaimana hukum menggunakan Ayat Alquran sebagai nada dering pribadi pada HP? Apakah dibolehkan atau di haramkan? Mohon sertakan dalilnya.
Andria – enrekang

Jawaban:

Menggunakan ayat al-Quran sebagai nada dering panggilan atau yang sejenisnya pada telepon genggam (HP) adalah hal yang dilarang dengan alasan sebagai berikut:

1. Perbuatan tersebut menyalahi tujuan diturunkannya al-Qur’an.

Al quran diturunkan untuk dibaca dan ditadabburi makna dan kandungannya dan diamalkan, Allah Ta’ala berfirman:

{كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَاب }

Artinya: “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (Shaad:29)

2. Menjadikan al-Quran sebagai nada dering dapat menjadi sarana kepada merendahkan kalamullah yang seharusnya diagungkan dan dihormati, seperti jika HP tersebut berdering di WC atau di tempat yang tidak pantas.

3. Menjadikan al-Quran sebagai nada dering juga terkadang menyebabkan seseorang memutuskan/menghentikan bacaan al-quran pada tempat yang tidak semestinya berhenti.

Olehnya itu, diantara keputusan Al-Majma’ al-Fiqh al-Islamiy pada masa persidangan ke -19 yang diadakan di Mekkah al-Mukarramah 22-28 Syawal 1428 H berkaitan dengan penggunaan ayat al-Quran pada media komunikasi modern adalah sebagai berikut:

“لا يجوز استخدام آيات القرآن الكريم للتنبيه والانتظار في الهواتف الجوالة وما في حكمها؛ وذلك لما في هذا الاستعمال من تعريض القرآن للابتذال والامتهان بقطع التلاوة وإهمالها، ولأنه قد تتلى الآيات في مواطن لا تليق بها”.

“Tidak dibolehkan menggunakan ayat-ayat al-Quran pada telepon genggam sebagai nada pengingat dan nada panggilan atau yang sejenisnya, karena dampak dari penggunaan ini mengantarkan kepada salah satu bentuk pelecehan dan penghinaan terhadap al-Qur’an, jika ayat –ayat tersebut dihentikan (ketika berbunyi) atau dibiarkan dan tidak dihiraukan, begitu juga terkadang ayat-ayat ini dibaca pada tempat-tempat yang tidak pantas”
والله تعالى أعلم.

Baca Juga  Urunan Kurban Satu Sekolahan

Dijawab oleh Ustadz Ahmad Hanafi DY, Lc, MA.
(Alumni fakultas Syariah Univ. Islam Madinah Thn 1420/1999 dan
Mahasiswa S3 Fak. Tarbiyah Jurusan Dirasat Islamiyah konsentrasi Ushul Fiqh King Saud University Riyadh)

Sumber dari: https://wahdah.or.id/hukum-menggunakan-nada-dering-alquran/