Menyikapi Dunia
September 27, 2014
Kapan Kita Puasa Arafah?
October 3, 2014

Semua Agama Sama?

oleh Ustad Fadlan Akbar, Lc (Dosen STIBA Makassar)

Saudarakau….

Ketika Allah telah menciptakan langit dan bumi berikut isinya, maka Allah memerintahkan kepada seluruh Jin dan manusia yang ditakdirkan hidup di bumi ini dan menikmati isinya untuk beribadah hanya kepada Allah Sang Maha Pencipta dan Maha Pengatur.

Dengarkan dan simaklah perintah itu dalam firman-Nya (QS. Maryam: 64 -65)

(……… ۚ وَمَا كَانَ رَبُّكَ نَسِيًّا. رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا فَاعْبُدْهُ وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهِ ۚ هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيًّا) [سورة مريم :-64 65]
….dan tidaklah Tuhanmu itu lupa. Dialah Tuhan (Pencipta) langit dan bumi serta apasaja yg ada diantaranya, maka BERIBADALAH kepada NYA dan lipat gandakanlah kesabaranmu dalam menjalankan peribadatan kepada NYA, apakah engkau mengetahui ada seorang yg sama dengan DIA (yg patut disembah) ?

Oleh karena perintah beribadah itu adalah kewajiban asasi hamba-hamba-Nya, maka Allah pun membuatkan untuk mereka agama yg mengatur tata cara peribadatan itu agar dapat diterima oleh-Nya dan bersamaan dengan itu mengutus para Nabi dan Rasul untuk mengajarkan serta mencontohkan kepada manusia tata cara peribadatan tersebut. Dan ketahuilah bahwa Agama yg diridhoinya setelah rangkaian kenabian dan kerasulan itu berakhir pada Nabi Muhammad –Shallahllahu alaihi wasallam – hanyalah agama ISLAM (bukan yg lain) .

Simaklah firman-Nya yg sangat gamblang ini.

(إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ ۗ وَمَنْ يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ) [سورة آل عمران : 19]

Sesungguhnya Agama yg diakui disisi Allah itu hanyalah Agama Islam ,dan tidaklah para ahlul kitab itu (Yahudi dan Nashrani) berselisih (ttg Islam) kecuali setelah datang kepada mereka pengetahuan (ttg kenabian Muhammad) karena kedengkian yang ada diantara mereka, dan barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat perhitungan-Nya. (QS. Ali – Imran: 19).

Baca Juga  UNTUKMU YANG SEDANG BERDAKWAH (0)

Lalu bagaiman jika ada diantara manusia yang ingin melakukan peribadatan kepada Allah, namun tata caranya tidak sesuai dengan tuntunan yang telah diajarkan oleh Nabi-Nya yang terakhir (Rasulullah Muhammad -Shallallahu alaihi wasallam) hanya karena menganggap agama itu sama toh yang paling penting itu ibadahnya dan bukan agamanya? …

Tentu saja ibadah seperti itu tidak akan diterima oleh Allah, dan otomatis para penganutnya akan menuai kerugian dari amal ibadahnya tersebut.

Dengarkan dan simaklah firman Allah yg sangat tegas berikut ini:

(وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ) [سورة آل عمران : 85]

Dan siapa saja yang mencari Agama selain Islam maka tidak akan mungkin diterima (agama itu) darinya, dan ia di hari akhirat nanti termasuk orang-orang yang merugi ( QS. Ali -Imran: 85) .

Olehnya saudaraku…
Jangan pernah terpedaya oleh slogan-slogan sesat yang menyatakan semua agama itu sama.

Jangan pernah berfikir untuk mencari metode beribadah selain yang telah diajarkan oleh Nabi kita (Muhammad -shallahu alaihi wasallam) .

Tetaplah bersabar melaksanakan peribadatan kepada-Nya sesuai dengan syariat Islam hingga ajal menjemput diri kita, sebagaimana wasiat Allah dalam firma-Nya yang Agung:

(وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّىٰ يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ) [سورة الحجر : 99]

Dan beribadahlah kepada Tuhanmu sampai kematian mendatangimu (QS. Al -Hijr: 99).

Semoga keraguan tentang Agama yang diridho-Nya itu sirna.
amin….