Tauhid
December 2, 2014
JANGAN AJARI KAMI TOLERANSI!
December 11, 2014

Fitnah Ketenaran

oleh Ustad Muhammad Irfan Zain, Lc

 

(Meski manusia berbeda, hendaknya mereka pahami hal-hal yang dapat menyelamatkan dan yang justru dapat menjerumuskannya)

Kisah yang Jarang Diketahui Tentang Syaikh Albani -rahimahullah-

Datang seorang Ahli hadits dari bangladesh hendak bertemu syaikh Albani. Ia mengatakan bahwa ada sekitar 4 juta manusia yang akan hadir kajian beliau di lapangan yang telah mereka siapkan. Mereka berharap agar syaikh mau menghadiri acara akbar tersebut. Namun Syaikh malah menolaknya.

Orang itu kembali menawarkan :” Acaranya hanya seminggu wahai Syaikh”. Maka tetap syaikh menolaknya. Ia kembali mengurangi waktunya hingga tiga hari. Namun syaikh tetap enggan, hingga diturunkanlah satu hari saja, tetapi Syaikh menolaknya dengan keras. Maka orang bangladesh itu meminta agar Syaikh bersedia mengisi kajian, meski beberapa saat saja dan setelah itu langsung pulang dengan pesawat. Namun ternyata Syaikh kembali menolaknya. Laki-laki itu pun dibuat heran dengan sikap Syaikh. Maka berpalinglah bangladesh ini dengan sedih.

Setelah itu, bertanyalah Abu layla-murid beliau- kepada syaikh Albani tentang penolakannya. Syaikh berkata :”tidakkah kamu dengar dia mengatakan jamaahnya 4 juta orang?. Maka bayangkan jika aku duduk ditengah jumlah manusia sebanyak itu. Apakah ada jaminan untukku selamat dari Riya?!! ”

Maka jadilah pelajaran sangat berharga bagi murid-murid nya dan juga manusia agar menjauhkan diri dari tempat- tempat ketenaran…

Refrensi :
(وقفات من حياة اﻹمام اﻷلباني ﻹحسن العتيبي)

____

Ditulis kembali dengan sedikit perubahan dari terjemahan Al- Akh Fauzi Rifald (Mahasiswa UIM Fakultas Dakwah wa Ushuluddin)

Baca Juga  Inilah Halaqah Tarbiyah Pertama di Zaman Rasulullah