Bagaimana Cara Membayar Kafarat Bagi Suami Istri Yang Berhubungan Saat Bulan Puasa, Apakah Keduanya Atau Salah Satu?
April 3, 2020
6 Hikmah Datangnya Bulan Ramadhan di Tengah Musibah
April 22, 2020

5 Cara Persiapan Menyambut Ramadhan

Tidak terasa beberapa hari lagi kita kaum muslimin akan memasuki satu bulan suci yang penuh kemuliaan yaitu bulan suci Ramadhan.

Meskipun saat ini kita sedang dilanda kesedihan dengan adanya ujian dari Allah berbentuk pandemi covid-19, namun tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bergembira dengan kedatangan bulan mulia ini (Semoga Allah menyampaikan kita ke dalamnya).

Setidaknya ada 2 hikmah yang bisa kita ambil pelajarannya:

  1. Jadikan nikmat sehat dan waktu luang untuk ketaatan
  2. Wabah ini menunjukkan kekuasaaan dan skenario dari Allah

Dan berikut 5 persiapan kita menyambut bulan suci Ramadhan:

Persiapan 1 : Memperbanyak puasa dibulan syaban dan melunasi hutang puasa jika ada .

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba ‘alallażīna ming qablikum la’allakum tattaqụn

QS Al Baqarah : 183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Persiapan 2 : Melatih diri membaca Al Qur’an dengan baik dan benar serta mentadaburi nya

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

QS Al Baqarah : 185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Persiapan 3 = Memperbanyak sholat malam,

Khususnya 10 hari akhir ramadhan berusaha mengejar lailatul qodar. Membangunkan keluarga untuk menunaikan sholat malam bersama.

Persiapan 4 = Memperbanyak sedekah

Memberi makan dan minum berbuka puasa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807)

Apalagi dimasa wabah, banyak yang terhenti ekonominya.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

QS Muhammad 7 : Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.

Ahli tafsir mengatakan, menolong Allah = menolong orang lain maka Allah akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.

Persiapan 5 = Memperbanyak berdoa

Minta kesehatan, pertolongan dan hidayah. Minta agar menjadi hamba yg beruntung. Kita punya Allah yang tidak mengingkari janji dan Allah itu dekat dengan hambanya.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

QS Al Baqarah : 186. Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.