5 Cara Persiapan Menyambut Ramadhan
April 22, 2020
AL-QURAN HAFALAN MUDAH AL-HUFAZ
April 23, 2020

6 Hikmah Datangnya Bulan Ramadhan di Tengah Musibah

Bulan Ramadhan yang mulia dan agung telah menghampiri kita. Saat di mana Allah memperbesar pahala, melipatgandakan ganjaran, dan membuka pintu-pintu kebaikan bagi orang-orang yang menginginkannya.

Di antara hadits yang agung yang menunjukkan keutamaan bulan Ramadhan adalah sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“إذا جاء رمضان فتحت أبواب الجنة وغلقت أبواب النار، وصفدت الشياطين” رواه البخاري ومسلم واللفظ له

“Jika telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu” [Muttafaqun ‘alaihi]

Bulan Ramadhan adalah bulan yang Allah mudahkan segala kabaikan didalamnya dan Allah jauhkan kita dari segala keburukan maka ini yang seharusnya yang paling menggembirakan bagi orang-orang yang beriman. Maka Di anjurkan diantara kita saling mengucapkan selamat dengan datangnya bulan Ramadhan.

Meskipun saat ini kita sedang dilanda kesedihan dengan adanya ujian dari Allah berbentuk pandemi covid-19, namun tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bergembira dengan kedatangan bulan mulia ini (Semoga Allah menyampaikan kita ke dalamnya). Bagaimana tidak? Sedangkan bulan ini memiliki banyak keutamaan istimewa yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya.

Berikut 6 Hikmah Datangnya Bulan Ramadhan di Tengah Musibah Pandemi Covid 19:

1. Waktu yang sangat tepat untuk kita muhasabah diri-diri kita.
2. Mungkin selama ini tidak ada yang dapat menghentikan maksiat yang kita lakukan, maka Allah kirimkan musibah agar kita berhenti dan kembali kepadaNya.
3. Kesempatan menjalankan sunnah-sunnah yang hanya bisa dilakukan ketika saat-saat turunnya musibah seperti saat ini.
4. Allah ingin dari kita menjadi hambaNya dengan cara ibadah tidak seperti biasanya.
5. Musibah adalah cara Allah mengingatkan kita, bahwa kita beribadah dengan apa yang Allah cintai bukan dengan apa yang kita sukai.
6. Keadaan saat ini boleh jadi lebih banyak membantu kita untuk menyempurnakan puasa kita. Karena dengan banyak berada di rumah lebih membantu untuk menjaga pandangan kita, maka jangan bersedih.

Jadi, jangan terlalu bersedih, masih banyak ibadah yang disyariatkan yang bisa kita maksimalkan di Ramadhan kali ini meski dalam kondisi ada musibah, Seperti:

  1. Perbanyak do’a adalah pintu ibadah yang terbuka lebar, bahkan ibadah ini diselipkan dalam rangkaian ayat-ayat puasa menunjukkan betapa pentingnya berdoa saat sedang berpuasa apalagi kondisi saat ini seharusnya membantu kita untuk lebih butuh dan serius.
  2. Sholat tarawih secara berjamaah dirumah, sebagian ulama berpendapat sholat tarawih di rumah lebih utama
  3. Membaca Alquran, karena ibadah ini tidak mesti dilakukan di dalam masjid.
  4. Bersedekah adalah ibadah masih terbuka lebar dihadapan kita,bahkan boleh jadi ramadhan kali ini menjadi lebih utama sebab kita sedang dalam keadaan sulit.
  5. Zakat harta kita,walupun mungkin belum masuk haulnya tapi hukumnya boleh mengeluarkannya sebelum waktunya untuk memanfaatkan berzakat di ramadhan dan bersedekah dalam masa-masa sulit sekaligus.
  6. Jaga waktu kita dengan baik jangan habiskan waktu yg tidak berfaidah tinggalkan semua perkara sia-sia. Tinggalkan membuatkan status-status yang tidak bermanfaat,status yang mengundang jidal. Sebarkan hanya yang bermanfaat.
  7. Khususkan waktu banyak-banyak berkhalwat dengan Allah.

Mari sambut gembira datangnya bulan Ramadhan ini, karena bisa jadi satu ramadhan yang kita lewati dalam hidup Kita dapat mengubah keadaan kita di akhirat nanti.