Bagaimana Hukum Ketika Shalat Terkena Najis?
August 11, 2020
Bagaimana Hukum Meletakkan al-Quran di Lantai?
August 26, 2020

Bagaimana Hukum Sholat Malam Dikerjakan Sebelum Tidur ?

Apakah Boleh Sholat Malam Sebelum Tidur ?

Assalamu’alaikum
Afwan, ustadz bagaimana hukumnya sholat malam sebelum tidur karena saya takut nantinya tidak bisa bangun malam untuk sholat?

Jawab:

Dalam sebuah hadits menunjukkan bahwa siapa yang bersemangat untuk qiyamullail di akhir malam, maka lebih utama baginya untuk mengakhirkannya, karena shalat di akhir malam lebih utama dan disaksikan malaikat. Adapun yang khawatir tidak dapat melakukannya di akhir malam, maka hendaknya dia melakukan shalat sebelum tidur berdasarkan hadits Jabir radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

‎مَنْ خَافَ أَنْ لا يَقُومَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ فَلْيُوتِرْ أَوَّلَهُ وَمَنْ طَمِعَ أَنْ يَقُومَ آخِرَهُ فَلْيُوتِرْ آخِرَ اللَّيْلِ فَإِنَّ صَلاةَ آخِرِ اللَّيْلِ مَشْهُودَةٌ وَذَلِكَ أَفْضَلُ

“Siapa yang khawatir tidak dapat bangun di akhir malam, hendaknya dia melakukan shalat witir di awal malam. Siapa yang bersemangat untuk bangun di akhir malam, hendaknya dia shalat witir di akhir malam. Sesungguhnya shalat di akhir malam disaksikan dan itu lebih utama.” (HR. Muslim).

Semoga Allah memberikan kita taufiqnya untuk bisa melakukan ibadah yang mulia ini dan keistiqamahan dalam mengerjakannya.