Al-Quran Sebagai Penyembuh, Apa Maksudnya?
August 27, 2020
Bagaimana keadaan Mulut dan Bibir Ketika dzikir dan Berdoa, apa harus ikut menggerakkannya?
September 2, 2020

4 Hikmah & Keutamaan Salat Sunah Rawatib

Melaksanakan sholat adalah kewajiban bagi setiap umat islam. Setidaknya di dalam satu hari kita melaksanakan ibadah sholat wajib 5 waktu yaitu sholat subuh, sholat dhuhur, sholat ashar, sholat maghrib dan sholat isya’.

Di samping melaksanakan amalan wajib tersebut ada juga amalan-amalan sunnah yang bisa dilakukan oleh umat muslim sebagai penyempurna ibadah.

Seperti contohnya ibadah sholat sunnah yang memang terkadang masih sering disepelekan karena hukumnya yang jika tidak dilakukan tak akan membuat dosa.

Namun, dibalik hukumnya tersebut. Ada sebuah sholat sunnah yang memiliki dampak dan manfaat yang sangat besar bagi manusia, sehingga pelaksanaannya sangat dianjurkan. Sholat sunnah tersebut adalah sholat sunnah rawatib.

Sholat rawatib tak sekadar berfungsi sebagai sholat penyempurna yang dilakukan sesaat sebelum dan sesudah sholat wajib 5 waktu dilakukan saja.

Akan tetapi sholat sunnah rawatib juga memiliki beberapa keutamaan khusus yang bisa kamu dapatkan apabila rajin menunaikannya.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat sholat rawatib yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Manfaat Sholat Rawatib

1. Dibangunkan Rumah di Surga
Adalah hal yang sangat menakjubkan dan membahagiakan bagi manusia jika kelak mendapatkan sebuah rumah di surga. Tempat di mana semua manusia di muka bumi ini menginginkannya.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pernah bersabda “Barang siapa yang tidak meninggalkan dua belas rakaat pada shalat sunnah rawatib, maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surga” (HR. At-Tarmidzi no. 414 dan An-Nasa’i no. 1794)

2. Pahala yang Melebihi Dunia dan Seisinya
Bila kamu menginginkan kedamaian dan kekayaan hati yang nilainya melebihi dunia dan seisinya. Maka, tunaikanlah sholat sunnah rawatib sebelum sholat subuh.

Disebutkan dalam beberapa hadis shahih dapat diketahui jika, sholat sunnah rawatib yang dilakukan sebelum sholat subuh atau biasanya juga disebut dengan sholat fajar adalah sebuah amalan yang baik yang sangat dianjurkan.

Baca Juga  Khitan Wanita, Sunnah yang Terlupakan (2)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda, “Dua rakaat sebelum sholat shubuh lebih baik dari dunia dan seisinya” (HR. Muslim)

“Dari semua shalat sunnah, tak ada shalat sunnah yang paling Nabi jaga, seperti halnya nabi menjaga untuk tidak meninggalkan dua raka’at shalat fajar atau 2 rakaat sholat sunnah rawatib qobliyah subuh.” (Shahih Bukhori No.1169 dan Shahih Muslim No.724)

3. Diharamkan dari Api Neraka
Semua perbuatan yang dilakukan oleh manusia saat berada di bumi pasti akan menuai balasannya pada hari akhir nanti. Jika kita senantiasa berbuat kebaikan dan rajin beribadah kita akan mendapatkan ganjaran berupa surga.

Namun, sebaliknya jika kita sering melakukan perbuatan tercela dan menghiraukan panggilan dari-Nya. Maka, saat hari akhir nanti kita akan mendapatkan balasan berupa tempat di neraka.

Untuk itu, sebagai umat manusia hendaklah kita bijak dalam bertindak. Alangkah lebih baik jika selama hidup di dunia yang hanya sebentar ini, kita senantiasa menebar kebaikan dan rajin beribadah guna mendapatkan ganjaran berupa surga.

Selain terus beribadah sholat fardhu atau sholat wajib 5 waktu dengan rajin, ternyata dengan melakukan sholat sunnah rawatib juga mampu membuat kita terhindar dari api neraka. Hal ini dengan sebuah hadis yang berbunyi:

Ummu Habibah radhiyallahu’anha telah meriwayatkan tentang keutamaan rawatib dzuhur. Dia berkata, saya mendengar Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang menjaga sholat empat rakaat sebelum dhuhur dan empat rakaat sesudahnya, Allah haramkan baginya api neraka”. (HR. Abu Daud dan At-Tirmidz

4. Rahmat yang Melimpah
Allah SWT sangat menyayangi hamba-hamba-Nya yang beriman dan berktakwa. Bagi orang-orang yang beriman, semasa hidupnya Allah akan senantiasa memberikan limpahan rahmat dan rezeki yang begitu besar.

Baca Juga  Pemimpin Itu Bagaimana Kita

Namun, rezeki itu sendiri tak hanya berarti sebuah harta kekayaan saja. Bisa jadi rahmat dan rezeki tersebut kamu dapatkan berupa kasih sayang keluarga, kesehatan, senantiasa dilindungi dari mara bahaya serta diberikan rasa kesabaran yang luas.

Lantas bagaimanakah cara mendapatkan limpahan rahmat dari Allah tersebut? Ternyata kamu bisa mendapatkan rahmat dari Allah hanya dengan melaksanakan sholat sunnah rawatib 4 rakaat sebelum sholat Ashar tiba.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Semoga Allah merahmati seseorang yang mengerjakan shalat (sunnah) empat raka’at sebelum Ashar.” (HR. Abu Daud No. 1271 dan At-Tirmizi No. 430)

Itulah rangkuman keutamaan sholat rawatib yang bisa kamu dapatkan. Meskipun ibadah sholat rawatib tergolong sunnah namun keutamaan yang dihasilkan saat rajin melaksanakan sholat sunnah rawatib ini sungguh luar biasa.

Oleh karena itu, dirikanlah sebisa mungkin shalat sunnah rawatib di mana pun kamu berada. Yuk, semakin dekatkan diri kita agar raih keutamaan dan berkah dari-Nya dengan melaksanakan sholat rawatib.