Dan Sebaik-baik Pakaian adalah Pakaian Ketaqwaan
November 21, 2015
Hasan-Husain Dalam Pandangan Abu Hurairah
November 27, 2015

Hati Seluas Telaga

Hati Seluas Telaga

Hati Seluas Telaga

.Masalah adalah sahabat bagi mereka yang memilih berjuang di jalan Allah dalam barisan jama’ah. Masalah bisa datang dari luar, berupa caci maki, hujatan, sindiran, lirikan tajam, penolakan, dan lain sebagainya. Atau bisa datang dari dalam jama’ah itu sendiri berupa beda pendapat, beda kebiasaan, beda karakter, dan lain sebagainya.

Lalu, apakah karena banyak masalah dan perbedaan lalu kita memutuskan untuk keluar dari jama’ah? Padahal tidak ada jaminan bahwa ketika keluar dari jama’ah masalah kita akan berkurang.

Tentu hal itu bukan solusi karena sekali lagi masalah itu akan selalu ada baik berjama’ah maupun sendiri. Yang perlu kita ketahui dan sadari sejak saat ini, bahwa masalah itu akan jauh lebih ringan jika dihadapi bersama dibandingkan dihadapi seorang diri.

Saya teringat sebuah kisah seorang pemuda yang sedang memiliki masalah. Lalu kemudian ia menceritakan masalah tersebut kepada ayahnya dengan harapan mendapatkan jalan keluar. Ayahnya lalu membuatkan segelas air putih di dalam sebuah gelas yang ditambahkan satu sendok garam. Ayahnya kemudian menyuruh anaknya meminum air tersebut. Lalu sang ayah bertanya apa rasa air itu. Sang anak pun menjawab bahwa rasa air minum itu sangat asin.

Sang ayah lalu berdiri dan mengajak sang anak pergi ke sebuah tempat. Tiba di tempat tersebut sang anak melihat sebuah telaga yang sangat luas. Sang ayah lalu memasukkan satu sendok garam ke dalam telaga itu. Lalu sang ayah menyuruh sang anak untuk meminum air di telaga tersebut. Sang ayah kemudian bertanya bagaimana rasa air tersebut dan sang anak pun menjawab bahwa air tersebut terasa segar, tidak asin sama sekali.

Baca Juga  Hukum Berwudhu dengan Menggunakan Gayung

Sampai di sini, sudahkah kita memahami? Sudahkah kita mengerti? Ya, itulah maksudnya. Sampai kapanpun masalah tidak akan pernah lepas dari hidup kita, tapi jangan cemas karena masalah tentu akan terasa ringan bahkan tidak akan terasa sama sekali, ketika kita memiliki hati seluas telaga, hati yang sabar, hati yang pemaaf.

Wallahu a’lam

_Ukhty HD_

(Diposting ulang di tengah kegelapan malam. Jogja, 24/11/2015)